Jenis RAM dan Fungsinya

Jenis RAM dan Fungsinya

Jenis RAM dan Fungsinya

Jenis RAM dan Fungsinya

RAM atau Random Acces Memory merupakan salah satu perangkat keras yang penting dalam sebuah komputer, tanpa RAM ini maka komputer tidak akan bisa menjalankan akses data dari setiap tindakan yang diperintahkan oleh pengguna

Lalu apa fungsi sebenarnya dari RAM ini ? Fungsi RAM adalah menyimpan data sementara secara random dari setiap aplikasi yang digunakan oleh pengguna, jika semakin banyak aplikasi maka semakin besar RAM yang dibutuhkan oleh sebuah komputer atau anda akan mengalami lag atau lemot

Untuk berbagai jenis RAM di bawah ini adalah beberapa jenis RAM dari hasil pengembangan versi sebelumnya ke versi terbaru.

  • DRAM (Dynamic Random Acces Memory)
    DRAM (Dynamic Random Access Memory) yang merupakan memori semikonduktor yang membutuhkan kapasitor sebagai tumpuan untuk me-refresh data yang ada di dalamnya. RAM jenis ini memiliki kecepatan lebih tinggi di banding EDO-RAM(Extended Data Out Random Access Memory). Namun lebih rendah dibandingkan SRAM(Static Random Access Memory).
    Dalam susunanya, DRAM hanya memerlukan satu transistor dan kapasitor/bit, sehingga memiliki kepadatan tinggi. DRAM mempunyai frekuensi kerja yang bervariasi, yaitu antara 4,77MHz hingga 40MHz.
  • EDORAM (Extended Data Out Random Access Memory)
    RAM jenis ini memiliki kemampuan akses dan transfer data yang lebih cepat dibandingkan dengan RAM biasanya. Slot memori untuk EDORAM adalah 72 pin. Bentuk EDO-RAM lebih panjang daripada RAM yaitu bentuk Single Inline Memory Modul (SIMM). Memiliki kecepatan lebih dari 66 Mhz.
  • SRAM (Static Random Access Memory)
    SRAM (Static Random Access Memory) adalah jenis RAM yang terbuat dari semacam semikonduktor yang tidak memerlukan kapasitor dan tidak memerlukan penyegaran secara berkala sehingga lebih cepat. Namun SRAM memiliki kelemahan, yakni biaya produksinya mahal sehingga hanya tersedia dalam kapasitas kecil dan menangani bagian yang benar-benar penting.
  • SDRAM (Sychronous Dynamic Random Access Memory)
    SDRAM (Sychronous Dynamic Random Access Memory) adalah jenis RAM yang merupakan kelanjutan dari DRAM namun telah diskronisasi oleh clock sistem dan memiliki kecepatan lebih tinggi daripada DRAM. Cocok untuk sistem dengan bus yang memiliki kecepatan sampai 100 MHz.
  • RDRAM (Rambus Dynamic Random Access Memory)
    RAM jenis ini memiliki kecepatan sangat tinggi, pertama kali digunakan untuk komputer dengan prosesor Pentium 4. Slot Memori untuk RD RAM adalah 184 pin. Bentuk RD RAM adalah Rate Inline Memory Modul (RIMM). Memiliki kecepatan hingga 800 MHz.
  • FPM DRAM (First Page Mode DRAM)
    FPM DRAM (First Page Mode DRAM) adalah merupakan bentuk asli dari DRAM. Laju transfer maksimum untuk cache L2 mendekati 176 MB per sekon. FPM bekerja pada rentang frekuensi 16MHz hingga 66MHz dengan access time sekitar 50ns.
  • SO-DIMM (Small Outline Dual In-Line Memory Module)
    SO-DIMM (Small Outline Dual In-Line Memory Module) merupakan jenis memory yang digunakan pada perangkat notebook. Bentuk fisiknya kira-kira setengah dari besar DDR biasa sehingga dapat lebih menghemat ruang yang tentunya sangat berharga pada perangkat mobile seperti notebook. Perkembangan generasi SO-DIMM biasanya sejalan dengan perkembangan RAM untuk komputer desktop. Ketika DDR3 SDRAM diluncurkan dipasaran, DDR3 SO-DIMM juga ikut diluncurkan. Modul tersebut menggunakan slot yang memiliki 204 pin.
  • VGRAM (Video Graphic Random Acces Memory)
    VGRAM (Video Graphic Random Acces Memory) Yaitu VGRAM biasanya digunakan untuk menyimpan kandungan pixel bagi sebuah paparan grafik. Penggunaan cip VGRAM akan memberikan prestasi video yang baik dan mengurangi tekanan pada CPU.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *